Kalau kamu mengetik “cara membentuk otot dada” di kolom pencarian Google, kamu akan menemukan tautan ke berbagai macam situs. Masing-masing menawarkan program atau metode latihan yang sedikit-banyak berbeda. Namun, sebenarnya bagaimana sih cara terbaik atau tercepat membentuk otot dada?

Struktur otot dada dan fungsinya Sebelum masuk ke berbagai jenis latihan, ada baiknya kamu mengenal dulu otot yang akan kamu latih ini. Dada kamu terdiri dari dua jenis otot: yang besar namanya pectoralis major, sementara yang kecil pectoralis minor. Pectoralis major merupakan otot tebal berbentuk kipas yang terletak di anterior dinding dada. Pectoralis minor berbentuk segitiga yang mengikat tulang rusuk dan masuk ke dalam mekanisme coracoid.

Pec major bertanggung jawab untuk gerakan yang berhubungan dengan tulang lengan humerus. Jadi, gerakan mengangkat beban ke depan, ke samping, dan lain sebagainya akan melatih otot bagian ini. Bagaimana dengan pec minor? Otot ini memiliki tugas untuk menstabilkan tulang belikat.

Latihan paling populer untuk membentuk otot ini adalah bench press, dumbbell press, dumbbell fly, cable crossover, dan push up. Namun, opsi latihanmu tidak terbatas pada itu saja.

Cara membentuk otot dada yang baik dan benar Memiliki otot dada yang kencang merupakan salah satu syarat untuk memiliki tubuh impian. Yah, mungkin tidak perlu seperti Ade Rai atau Arnold Schwarzenegger pada masa jayanya. Minimal seperti Lee Dong Wook lah ya.

Memiliki otot dada yang bagus bisa membuat orang jadi lebih percaya diri. Tak hanya itu, ketika berlatih dan membentuk otot, mau tidak mau, pasti kamu berlatih bagian tubuh lainnya dan mengkonsumsiSuplemen Fitnessjuga. Ini lama-kelamaan juga akan membuat kamu lebih sehat.

Lalu, latihan apa sih yang bisa membentuk otot ini dengan baik? Nih, BukaReview jabarkan

  1. Cable Cross, salah satu latihan yang dapat dengan mudah membentuk otot dada Menggunakan bantuan kabel untuk membentuk otot dada dengan mudah. (Foto: Pexels)Cara membentuk otot dada pertama yang bisa Anda lakukan yaitu dengan melakukan Cable cross. Cara melatih otot dada dengan cable cross, pertama kali silahkan posisikan tuas penarik di atas dengan telapak tangan menutup.

Ketika menarik tuas, pastikan kaki berdiri selebar bahu dengan siku sedikit menekuk. Tariklah kedua tuas menuju arah bawah sampai kedua tangan bertemu di depan pinggul kamu.

  1. Incline Dumbbell Bench Press, salah satu latihan paling populer di gym Manfaatkan dumbbell untuk membantu pembentukan otot dada. (Foto: Pexels)Gerakan pembentukan dada satu ini sudah sangat familiar, terlebih jika kamu merupakan orang yang gemar melakukan latihan beban. Untuk melakukannya, duduklah di atas bangku miring yang sudah disediakan serta pastikan tangan kamu dapat menyentuh lantai.

Gerakan diawali dengan mengangkat dumbbell ke atas hingga posisi lengan kamu lurus. Kemudian, turunkan dumbbell melebar hingga membentuk posisi menggenggam. Ini juga salah satucara Memperbesar Otot Lengan.

  1. Push Up, sangat praktis dan bisa dilakukan di mana saja Melatih otot dada dengan mudah di rumah. (Unsplash)Jika kamu ingin memiliki bentuk dada, melakukan olahraga push up merupakan pilihan yang pas. Cara membesarkan otot dada dengan push up ini tidak membutuhkan bantuan alat sama sekali. Push up bukan hanya bisa membentuk otot dada. Lebih dari itu, ketika kamu melakukan push up, otot lengan kamu juga akan ikut terbentuk.

  2. Weighted Push Up, bisa dipraktikkan tanpa bantuan alat Melakukan weighted push up dengan mudah dan praktis. (Foto: Unsplash)Weighted push up merupakan salah satu Gerakan Fitness Sederhanayang cepat membentuk otot dada yang bisa dengan mudah kamu lakukan, bahkan di rumah sekalipun. Gerakan dari olahraga ini bisa dikatakan variasi dari push up, akan tetapi ditambahkan beban di atas punggung.

Untuk melakukannya cukup mudah. Ketika kamu sedang berada di posisi push up, silahkan letakkan beban di atas punggung. gerakan ini bisa dikatakan sebagai salah satu cara membentuk otot dada yang cukup mudah.

  1. Plyometric Push Up – varian push up yang bisa membentuk otot dada sekaligus punggung dan paha Full up bisa membentuk otot dada dengan cepat. (Foto: Pexels)Gerakan Plyometric push up pada dasarnya memiliki gerakan yang mirip dengan push up. Perbedaannya terletak ketika kamu melakukan Plyometric push up, perlu ditambahkan sedikit dorongan melompat menggunakan tangan di setiap gerakan push up-nya.

Cara melatih otot dada dengan Plyometric push up bisa juga bisa dengan mudah kamu lakukan di rumah. Ketika kamu melatih otot dada melalui Plyometric push up, secara bersamaan kamu juga melatih otot lengan yang dapat Membesarkan Otot Lengan, punggung, dan paha. Mengingat beban tubuh kamu akan bertumpu di lengan ketika melakukan dorongan.

  1. Chair Dips – latihan yang bisa dilakukan sambil bekerja di kantor Latihan pembentukan otot dada yang cukup familiar dilakukan. (Foto: Unsplash)Chair dips merupakan jenis latihan yang bisa membentuk otot dada, trisep, serta bahu. Seperti namanya, Chair dips merupakan latihan yang dilakukan dengan menggunakan bantuan kursi.

Cara melakukannya dimulai dengan kamu posisikan kedua tangan hingga selebar bahu di kursi. Setelah itu, silahkan angkat beban dengan perlahan menggunakan tangan kamu. Lanjutkan dengan menekuk lutut kamu ke arah belakang, kemudian turunkan dengan perlahan.

  1. Pull Up – mudah, tetapi membutuhkan alat bantu Pull up salah satu latihan pembentukan otot badan yang cukup efektif. (Foto: Pexels)Cara membentuk otot dada dengan Pull up bisa dikatakan latihan yang paling sulit dilakukan. Untuk melakukannya, silahkan kamu posisikan tangan selebar bahu dengan menggenggam pull up dengan erat-erat. Kemudian, naikkan tubuh kamu hingga dada sejajar dengan palang, tahan sebentar, kemudian turunkan. Ulangi gerakan ini sebanyak 10 kali serta lakukan sebanyak 3 set. Kamu bisa menggunakan krim pereda nyeri untuk mengatasi sakit setelah olahraga,

  2. Rotation Push Up

Memiliki gerakan yang hampir sama dengan push up, latihan beban yang satu ini juga sangat efektif untuk membentuk otot dada. Hal yang membedakannya dengan push up biasa adalah gerakan tangan naik turunnya dilakukan secara bergantian kanan dan kiri. Pertama-tama posisikan tubuh pada posisi push up.

Mulailah dari kondisi kedua tangan yang tegak lalu secara bergantian tekuk tangan kanan dan kiri. Tempatkan beban tubuh pada salah satu sisi tangan yang melakukan gerakan naik-turun. Lakukan gerakan ini sebanyak tiga set sepuluh kali setiap set-nya secara rutin.

  1. Archer Push Up

Jika memiliki lengan yang cukup kuat, kamu bisa melakukan gerakan ini. Archer push up adalah gerakan push up yang menggunakan satu tangan saja. Latihan ini tak hanya efektif membentuk otot dada, tapi juga bisa melatih otot tricep, bahu, sampai perut.

Cara melakukannya cukup mudah. Ambil posisi push up pada umumnya, angkat salah satu tangan dan letakkan ke samping secara sejajar dengan posisi tubuh. Gunakan tangan yang satu lagi untuk menopang beban tubuh dan secara perlahan lakukan gerakan naik turun.

  1. Chair dips

Latihan beban lainnya yang bisa dilakukan untuk melatih otot dada adalah chair dips. Kamu memerlukan media berupa kursi atau alat lainnya yang bisa menopang berat badan saat melakukan gerakan ini. Sebenarnya gerakan ini merupakan variasi dalam pembentukan otot dada dan lengan sehingga hasilnya dapat lebih merata dan kamu pun mendapatkan hasil yang lebih maksimal hanya dengan satu gerakan saja.

Pertama-tama posisikan tangan selebar bahu dan letakkan di atas sebuah kursi. Angkat badan secara perlahan dengan menggunakan tangan sebagai penopangnya. Tekuklah lutut ke arah belakang lalu turunkan badan secara perlahan. Rasakan gerakan otot pada bagian pundak yang dirangsang melalui gerakan ini. Jangan lakukan gerakan ini secara terburu-buru karena bisa mengakibatkan cedera.

Mudah, bukan? Lakukan secara rutin dan konsisten untuk mendapatkan hasil optimal, ya.