Memiliki betis, paha, dan bokong yang besar terkadang membuat beberapa orang jadi insecure. Ukuran paha dan betis yang kecil dianggap sebagai salah satu indikator bentuk tubuh ideal. Standar kecantikan ini membuat banyak orang, baik wanita maupun pria, yang mencari berbagai cara mengecilkan paha dan betis. Padahal, mengecilkan paha, betis, dan bokong tidak bisa dilakukan dengan instan. Bagaimana cara mengecilkan betis dan paha? Adakah olahraga yang ampuh mengecilkan paha?

Faktor yang memengaruhi besar dan kecilnya paha Ada banyak hal yang bisa memengaruhi ukuran paha Anda. salah satu yang utama adalah faktor genetik. Ada suatu gen bernama KLF14 yang diyakini memiliki peranan penting dalam pembagian lemak pada bagian-bagian tubuh wanita.

Perbedaan varian gen tersebut diduga dapat pula menentukan bentuk tubuh wanita. Misalnya saja bentuk tubuh seperti buah pir yang identik dengan ukuran paha lebih besar dan bagian tubuh atas lebih ramping. Nah, selain keturunan, ada lagi hal-hal yang mungkin berkontribusi terhadap besarnya paha Anda.

  1. Jenis kelamin Sudah jadi ciri khas wanita bahwa ukuran panggul, bokong, serta pahanya lebih besar daripada pria. Kenapa bisa begitu? Wanita dan pria memang mempunyai pembagian lemak tubuh yang berbeda. Hormon estrogen yang dihasilkan tubuh wanita membuat penumpukan lemak lebih banyak di area pinggul, bokong, dan paha. Sedangkan penumpukan lemak pada tubuh pria cenderung lebih banyak di daerah perut bagian depan.

  2. Diet tinggi lemak dan gula Makanan berpengaruh besar terhadap penumpukan lemak dalam tubuh. Apalagi, makanan tinggi lemak jenuh dan trans, gula, serta garam. Kebanyakan mengonsumsi jenis makanan tersebut akan membuat berat badan Anda jadi bertambah dan komposisi lemak tubuh pun meningkat.

Lemak tersebut nantinya akan lari ke paha. Bila kenaikan berat badan sudah terlalu besar, risiko obesitas akan makin tinggi.

  1. Gaya hidup sedentari dan kurang olahraga Terlalu sering mengonsumsi makanan tinggi lemak ditambah jarang olahraga dapat menyebabkan penumpukan lemak di paha makin banyak. Pada dasarnya, aktivitas fisik bermanfaat untuk membakar lemak. Tidak cuma olahraga, kegiatan rumah tangga seperti menyapu, mencuci baju, serta membersihkan ruangan yang mengeluarkan tenaga serta keringat juga bisa membantu.

Cara mengecilkan serta mengencangkan paha, betis, dan bokong

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, gaya hidup kurang aktif dan diet tinggi karbohidrat akan membuat lemak menumpuk di dalam tubuh. Sedangkan, pembagian komposisi lemak tubuh diatur oleh sebuah gen yang tentunya tidak bisa diubah.

Karenanya, cara mengecilkan paha dan pinggul dengan cara latihan fisik dan diet bisa saja sia-sia. Kombinasi keduanya pun tidak selalu ampuh mengurangi lemak di tempat yang Anda inginkan.

Tetapi, latihan fisik dan diet dapat membantu membakar lemak tubuh, membantu mengencangkan otot-otot tubuh, termasuk paha, dan membuat tubuh Anda lebih sehat serta terhindar dari risiko penyakit kronis.

  1. Memperbaiki pola makan Menerapkan pola makan sehat adalah salah satu cara terbaik untuk menjaga komposisi lemak tubuh. Perbanyak konsumsi karbohidrat kompleks yang berasal dari roti gandum, berbagai sayuran berwarna hijau dan oranye, dan buah-buahan. Serat yang terkandung pada jenis makanan tersebut akan membuat Anda kenyang lebih lama sehingga menurunkan porsi makan.

Selain karbohidrat, mengonsumsi sumber protein tanpa lemak juga bisa membantu mengurangi penumpukan lemak dengan membentuk otot. Asupan protein dapat Anda peroleh dari ikan berlemak, dada ayam tanpa kulit, putih telur, susu rendah lemak serta produk olahannya.

Jangan lupa minum air putih yang banyak, sekitar 8 gelas sehari. Minumlah air setiap sebelum makan. Dengan begitu, Anda lebih kenyang dan porsi makan berkurang. Banyak minum air putih juga akan memenuhi kebutuhan cairan tubuh dan mencegah dehidrasi.

Batasi pula makanan tinggi lemak jenuh dan trans, serta gula seperti gorengan, kue, es krim, juga cokelat susu. Kurangi penggunaan garam dan konsumsi makanan asin misalnya keripik kentang maupun makanan ringan.

“Bila yang membuat paha besar adalah lemak, cara mengurangi lemak yang yang menimbun sama seperti mengurangi lemak dibagian tubuh lain, yaitu dengan diet dan olahraga. Mulailah makan dengan porsi lebih kecil, protein rendah lemak, perbanyak sayuran dan buah,” kata dr. Irma Lidia, tim dokter Jovee.

Beliau juga menjelaskan bahwa dulu lemak di daerah tubuh bawah dianggap tidak berhubungan dengan risiko penyakit jantung dan kencing manis. “Namun, penelitian yang lebih baru menunjukkan ternyata pengurangan lemak di area tubuh bagian bawah berkaitkan dengan kesehatan jantung yang lebih baik.” lanjutnya lagi.

Baca juga: Sederet Makanan Kaya Nutrisi untuk Diet Sehat

  1. Olahraga dan latihan fisik Beberapa latihan fisik tertentu dapat dilakukan untuk membantu mengencangkan otot paha. Otot paha yang kencang akan membuat bentuk paha menjadi lebih proporsional dan terlihat lebih ramping.

Untuk mendapatkan paha idaman, lakukan latihan fisik yang fokus pada tubuh bagian bawah. Olahraga mengecilkan paha di bawah ini juga akan memberikan dampak positif pada pinggul Anda.

Baca juga:

Cara Memulai Gaya Hidup Aktif Meski Jarang Berolahraga

4 Jenis Olahraga Bersama Keluarga untuk Mengurangi Stres

Squat Olahraga ini cukup efektif untuk mengecilkan paha dan bokong dengan membakar lemaknya sekaligus melatih ototnya. Kamu juga bisa melakukan squat sambil memegang dumbbell untuk mengencangkan otot lengan Anda.

  • Berdiri tegak dengan posisi kaki terbuka selebar bahu
  • Rentangkan kedua tangan ke depan lalu tekuk siku seperti hendak meninju
  • Kencangkan otot perut kemudian tekuk kedua lutut dan dorong bokong ke belakang, seperti hendak duduk
  • Turunkan tubuh Anda sampai setengah jongkok
  • Jaga agar punggung dan bahu tetap lurus
  • Kembali ke posisi berdiri tegak
  • Lakukan ini berulang kali, selama beberapa menit. Jangan lupa untuk bernapas.

Lunges Lunges juga dapat melatih otot-otot kaki dan membakar lemak yang ada di paha. Latihan satu ini bisa dilakukan untuk mengecilkan paha dengan cara:

  • Berdirilah dan buka kaki selebar bahu
  • Letakkan salah satu kaki agak jauh ke depan,
  • Kemudian turunkan badan hingga lutut membentuk sudut 90 derajat
  • Tahan posisi ini selama beberapa detik, lalu berdiri tegak.
  • Lakukan sebanyak, minimal, 10 kali
  • Ulangi gerakan pada kaki satunya lagi

Two-Thirds Jump Squat

  • Berdiri dengan posisi kaki dibuka selebar bahu
  • Setelah itu, turunkan badan seperti posisi squat
  • Saat posisi tubuh hampir jongkok, lompatlah sambil mengangkat kedua lengan ke atas
  • Ketika mendarat, posisikan tubuh seperti semula.
  • Ulangi hingga 2 – 3 set, masing-masing set 20 kali

Fire Hydrant Cara mengecilkan paha lainnya yang juga terbukti cukup efektif adalah fire hydrant. Caranya adalah:

  • Ambil posisi merangkak dengan posisi lutut terbuka selebar pinggul serta tangan terbuka selebar bahu. Pastikan punggung Anda lurus.
  • Luruskan satu kaki ke belakang, hingga sejajar dengan punggung
  • Kembalikan kaku ke posisi semula
  • Ganti dengan kaki lainnya dan ulangi gerakan tersebut, kira-kira 2 – 3 set

Guna membentuk paha agar terlihat ramping dan kencang, Anda juga disarankan untuk melakukan latihan aerobik. Aktivitas aerobik juga dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan tubuh Anda secara keseluruhan.

Contoh latihan aerobik yang dapat Anda lakukan, antara lain lari, jogging, dan jalan cepat. Anda bisa melakukannya 3 – 4 kali dalam seminggu, selama 30 menit.

Itulah beberapa cara mengecilkan paha dan pinggul dengan membakar lemak dan membentuk ototnya. Ingatlah untuk selalu minum air putih sebelum Anda merasa haus. Bila Anda minum setelah haus, artinya Anda sudah mengalami dehidrasi.

Untuk mendapatkan manfaat latihan serta olahraga di atas yang optimal, kombinasikan dengan pola makan yang sehat, tidur cukup, serta menjauhi sumber stres. Kurang tidur dikatakan dapat menganggu kadar hormon leptin dan ghrelin yang mengatur nafsu makan.

Ingin mengetahui informasi kesehatan terpercaya? Daftarkan email anda di Ngovee. Untuk mendapatkan suplemen dan vitamin spesial buat anda, unduh aplikasi Jovee. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee.